LAYANAN POLISI

Layanan Polisi 110 (Call Center Polri)

Dalam rangka lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri telah bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia untuk melaksanakan Layanan Polisi 110.

Kehadiran Layanan Polisi 110 ditujukan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik. Dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan / perekaman setiap interaksi Polri dan masyarakat, sehingga dimungkinkan pengendalian response kebutuhan masyarakat terhadap Polri.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 110 akan langsung terhubung ke petugas Polri di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres/ta terdekat yang akan memberikan layanan berupa informasi, pelaporan (kecelakaan, bencana, kerusuhan, dll.) dan pengaduan (penghinaan, ancaman, tindak kekerasan dll.).

Masyarakat bisa menggunakan Layanan Polisi secara gratis. Namun demikian, Polri menghimbau agar Layanan Polisi 110 ini tidak dibuat main-main, karena jika nantinya terjadi seperti itu, pihak Polri tentu akan melacak masyarakat yang membuat laporan bohong.

Sistem tersebut direncanakan akan membuka saluran via : sms, email, fax dan media sosial yang didukung oleh jaringan Telkom Indonesia.

Aplikasi “PolisiKu”

Dalam rangka lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri telah melaunching aplikasi Polisiku, yaitu aplikasi perantara bantuan polisi kepada masyarakat yang dapat didownload di android play store dan apple app store.

Aplikasi PolisiKu memiliki fitur utama yaitu untuk mencari pos polisi terdekat dari posisi masyarakat. Selain itu terdapat fitur lain antara lain:

  1. Melakukan panggilan telepon Layanan Polisi 110 melalui jaringan internet/ Voip

  2. Mencari pos polisi dan teleponnya di seluruh Indonesia

  3. Melakukan pengaduan masyarakat

  4. Serta sebagai sarana penyaluran informasi dari Humas Polri kepada masyarakat

  5. Memberikan aspirasi melalui fitur Halo Polisiku

  6. Fitur layanan publik seperti SKCK Online dan SIM Online

Kedepannya Polri akan terus mengembangkan aplikasi Polisiku sebagai aplikasi bantuan layanan polisi tersentralisasi dan nasional. Sehingga masyarakat tidak perlu menginstall banyak aplikasi untuk mengakses layanan-layanan polisi.

Aplikasi “Bekantan”

Polda Kalimantan Selatan dengan aplikasi BEKANTAN (Berantas Kebakaran Hutan dan Lahan) untuk menangani Karhutla di daerah hukum Polda Kalsel. Inovasi yang dihadirkan oleh Ditreskrimsus Polda Kalsel ini memiliki fungsi untuk mencegah dan menanggulangi peristiwa kebakaran hutan dan lahan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses melalui handphone pribadi milik masyarakat.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore dan cukup dengan mengisi data diri maka aplikasi ini siap digunakan. Dengan aplikasi ini, Polda Kalsel berharap ada peran aktif dari masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian hutan dan lahan di lingkungannya.