Polda Kalsel: Laporan ke Polisi Lebih Efektif Pakai Aplikasi

oleh BID TI

Banjarmasin – Era teknologi membuat setiap aspek kehidupan menuju digitalisasi tak terkecuali untuk pelayanan di kepolisian melalui aplikasi. Dengan aplikasi, melakukan laporan ke polisi diakui lebih efektif.

“Oh tentu lebih efektif, dia (masyarakat) tidak harus datang ke (kantor) polisi. Saat dia (buat laporan, tidak harus ambil dokumen segala macam, terus ngantri, belum lagi kalau ada data yang belum lengkap balik lagi,” ungkap Kabid TI Polda Kalsel AKBP I Nyoman Suparsa saat berbincang dengan detikcom, Jumat (6/4/2018).

Dia melanjutkan, dengan aplikasi tersedia menu chatting jika seandainya terdapat data laporan yang belum lengkap maka petugas bisa langsung membalasnya dan menambahkan. Polda Kalsel sendiri telah memiliki aplikasi layanan masyarakat bernama Sasirangan.

Sejauh ini Nyoman mengungkap bahwa aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak sekitar 5 ribu kali baik dari kalangan masyarakat maupun anggota kepolisian. Itu karena Sasirangan memiliki dua aplikasi berbeda yang digunakan oleh masyarakat dan jajaran polisi.

Sementara untuk laporan yang saat ini paling banyak ditemukan yaitu soal laporan kehilangan sebanyak 4 ribuan laporan. Kemudian di sisi lain laporan kejadian juga menjadi salah satu yang terbanyak dengan jumlah laporan 200 entri.

Meski demikian untuk soal kecepatan respons, dia mengaku karena bekerja secara online maka tergantung pada kualitas jaringan. Selain itu bisa juga tergantung pada kecepatan respons anggota kepolisian sendiri.

“Ya anggap lah sistem ini sudah bagus secara teknologi tapi tergantung juga ke jaringannya. Kalau kecepatan bagaimana kembali ke anggota, semua lini berperan aktif. Kalau tidak ada dukungan yang lain tidak bisa jalan. Istilahnya ‘Man Behind the Gun’. Sukses tidaknya tergantung manusianya,” ujarnya.

Aplikasi Sasirangan resmi diluncurkan oleh Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ditujukan untuk mempermudah layanan masyakarat. Selain itu aplikasi ini juga sebagai bentuk aktualisasi Polda Kalsel salam memafaatkan teknolgi.

“Aplikasi tersebut tujuannya adalah memudahkan masyarakat mengakses mana kala ada kepentingan yang harus ditangani oleh kepolisian dalam hal ini pelayanan. Apabila masyarakat mudah mengakses pelayanan, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi, (datang ke kantor polisi),” ungkap Kapolda Kalsel Bigjen Pol Rachmat Mulyana, di waktu yang sama.

Sasirangan memiliki beragam menu. Fitur yang tersedia di dalamnya berupa pengaduan online, SKCK online, SP2HP online, perizinan, pengawalan, peta kantor polisi, informasi dan layanan kepolisian, informasi DPO, serta tombol darurat (panic button).

Aplikasi tersebut telah bisa diunduh di smartphone Android melalui toko aplikasi Play Store dan juga bisa diakses melalui website sasirangan.kalsel.polri.go.id .

sumber link : https://news.detik.com/berita/d-3958127/polda-kalsel-laporan-ke-polisi-lebih-efektif-pakai-aplikasi

editor : Bripda M. Haris Lutfi

 

related posts

Tulis Komentar